Senin, 30 Maret 2009

Tingkat Kehidupan Manusia menurut Paulus

Jika kita melihat apa yang ada disekitar kita, maka kita akan menemukan orang yang hidup penuh suka cita dan berseri-seri dengan Kemuliaan Allah tampak dalam kehidupannya, sementara ada sebagian orang yang lain sepertinya hidup sengsara dengan penderitaan dan beban yang tak kunjung sudah.
Jadi ada orang yang hidup penuh kemenangan dari dosa, dan sebagian lagi makin terseret ke dalam dosa, dan ada sebagian lagi berhenti tidak bertumbuh, tampak jelas disini manusia memiliki tingkatan taraf rohani yang berbeda-beda.

Rasul Paulus menyatakan bahwa manusia memiliki tiga kategori yang berbeda. Yang mana setiap orang menduduki satu kategori dari tiga tingkatan taraf rohani. Manusia Duniawi (1. Korintus 2 : 14), Manusia Rohani (1. Korintus 2 : 15), dan Manusia Kedagingan (1. Korintus 3 : 1 - 4)

Hal yang membedakannya adalah karena adanya kesediaan untuk menerima, memahami dan menanggapi kebenaran rohani. Firman Allah adalah petunjuk, sementara respon dan tindakan kita terhadap firman Tuhanlah yang menggambarkan sesorang berada disalah stu dari ketiga kategori tersebut.

Dalam kehidupan manusia ada perubahan rohani besar yang dapat dialaminya. Pertama adalah Perubahan Manusia Duniawi menjadi Manusia yang Diselamatkan. Hal ini terjadi kalau kita memiliki hubungan dengan Kristus yang benar. Jadi Manusia Duniawi diselamatkan ketika ia merespon hubungan dengan Kristus, dan mau bergantung kepada Nya, biasanya ditunjukan dengan baptis. Kedua adalah Perubahan Manusia Kedagingan menjadi Manusia Rohani. Hal ini adalah terjadi bila seseorang berhubungan dengan Roh Kudus dan menggantungkan hidupnya untuk dalam pimpinan Roh Kudus.

Setiap orang selalu hidup dalam salah satu dari tiga kategori ini, Pertanyaannya adalah pada kategori yang manakah kehidupan Anda? Dan akan kemana arah langkah And?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar